Euginius Kau Suni Siap Bertarung di Pilkada TTU 2020

Euginius Kau Suni. (Dok pribadi)

Euginius Kau Suni. (Dok pribadi)

KUPANG, berandanusantara.com – Euginius Kau Suni, atau lebih dikenal dengan nama Egi Suni, menyatakan diri siap bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) tahun 2020 mendatang.

Hal yang melatar belakangi dirinya maju dalam perhelatan politik lima tahunan itu berangkat dari keprihatinan terhadap realitas yang ada, khususnya di kabupaten TTU.

Menurut Egi, TTU memiliki segudang persoalan yang cukup kompleks. Untuk itu, butuh sebuah terobosan yang inovatif dengan melibatkan berbagai pihak.

Dia mencontohkan masalah air bersih. Menurut dia, krisis air bersih sampai dengan saat ini juga masih menjadi persoalan mendasar yang mengakibatkan kekeringan.

“Akhirnya masyarakat seperti sudah menikmati kondisi tersebut. Padahal, bisa diatasi dengan sejumlah terobosan melalui berbagai kajian tentunya,” ungkapnya, Rabu (27/6/2019).

Hal yang tak kalah penting, kata Egi, adalah persoalan tata ruang. Menurut mantan Produser salah satu Televisi Nasional ini, tata tuang di kabupaten TTU juga perlu dikaji kembali.

“Perlu ada perda tata ruang yang bisa menjamin pembangunan agar lebih terfokus,” ungkapnya.

Egi yang kini masih aktif di Litbang (penelitian dan pengembangan) Kompas TV ini mengakui, bahwa jika TTU dibangun dengan serius maka akan menjadi kabupaten yang maju.

Apalagi, kata Egi, TTU merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, sehingga sangat potensial sebagai pintu masuk di batas negara.

“Banyak hal yang bagi saya perlu mendapat perhatian lebih, agar TTU tidak lagi mengalami keterbelakangan seperti realita yang ada,” ungkap sosok sederhana namun cerdas ini.

Selain aktif di Televisi Nasional dan sebagai Akademisi, Egi juga mendirikan sebuah Perusahan Mulimedia. Tidak hanya itu, Egi juga sering terlibat dalam berbagai penelitian bersama sejumlah pihak dibtingkat nasional. (BN/CM)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons