Jurnalis Asal NTT Bakal Terima Penghargaan di Hongkong

Johanes Seo (dok pribadi)

Johanes Seo (dok pribadi)

KUPANG, berandanusantara.com – Johanes Seo, Jurnalis asal Nusa Tenggara Timur (NTT) mengharumkan nama daerah melalui karya jurnalistiknya. Karyanya itu masuk nominasi SOPA Award (Masyarakat Penerbit di Asia).

Karya jurnalistik Jhon, sapaan akrabnya, merupakan hasil investigasi mendalam dan berhasil membongkar sindikat besar perdagangan manusia (human trafficking) jaringan Indonesia-Malaysia.

Bahkan, Cukong (Pedagang Orang) yang sangat disegani di negara Malaysia tertangkap. Atas prestasinya, dia bakal menerima penghargaan karya investigatif terbaik di negara Hongkong.

Redaktur Investigasi Majalah Tempo, Bagja, ketika memberikan materi dalam Workshop investigasi di Kupang, Senin (21/5/2018) mengatakan hal ini. “Karya pak Jhon masuk nominasi. Jika menang, siap berangkat Hongkong” katanya.

Dia menjelaskan, karya Jhon di Tempo masuk nominasi kategori B (Asia) ketika bermitra dengan Malaysia Kini membongkar sindikat perdagangan manusia, bersaing dengan salah satu media asal China.

Sementara Jhon ketika menceritakan pengalamannya di hadapan sejumlah Jurnalis di Kupang, mengatakan, tidaklah mudah untuk melakukan investigasi. Apalagi, kata dia, nyawa bisa jadi taruhan.

“Butuh keberanian untuk melakukannya,” ujar Jhon yang juga Sekertaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kupang. (AM)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons