Pemkot Kupang Tindak Lanjuti Gerakan Menuju 100 Smart City 2019

Dok Humas Setda Kota Kupang. (Ist)

Dok Humas Setda Kota Kupang. (Ist)

KUPANG, berandanusantara.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu dari 100 Kota yang masuk dalam bagian Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.

Kota yang dipimpin oleh Jefirtson Riwu Kore itu pun menyambutnya dengan baik. Berbagai langkah pun telah dilakukan sebagai tindak lanjut guna mendukung spirit dari gerakan tersebut.

Bertempat di Hotel Neo Aston Kupang,  Kamis (11/7/2019), Kota Kupang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar launching 10 titik hotspot gratis.

Launching hotspot gratis tersebut merupakan bagian dari Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Pada saat yang sama juga digelar pembukaan payment point atau tempat pembayaran dalam konsep “One Stop Service” oleh Bank NTT serta pengukuhan tim pelaksana dan dewan Kupang Smart City.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kupang, Eduard Jhon Pelt menjelaskan, dilaunchingnya 10 titik hotspot ini juga merupakan bentuk mendukung program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang.

“Smart City itu nyata dan semakin dekat kepada masyarakat,” ungkap Pelt.

10 titik hotspot dimaksud antara lain antara lain di Taman Tirosa, Pantai Warna, Taman Fontein, Kuliner Kampung Solor, Podium Kantor Wali Kota, RSUD. S.K. Lerik, Lampu Hias Kelapa Lima, Taman Nostalgia dan Perumnas.

Sementara Ir. Andrari Grahitandaru M.Sc, Ahli Utama Perekayasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia, mengaku bangga bisa ikut menyusun  Master Plan Smart City Kota Kupang.

“Membangun sebuah kota pada prisnsipnya diperlukan kemitraan didalam melakukan inovasi-inovasi daerah yang sudah ditetapkan melalui peraturan pemerintah,” ujarnya.

Wali Kota Kupang, Jefirtson Riwu Kore mengatakan, Smart City merupakan pelayanan untuk kesejahteraan masyarakat agar mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat.

“Semua OPD harus serius dan sungguh-sungguh terhadap pelayanan ini, gunakanlah untuk melayani masyarakat dan ini merupakan langkah awal menjadikan Kota Kupang smart city,” imbaunya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Sekda Kota Kupang, Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Kadis Infokom Kota Kupang, serta unsur Forkompinda Kota Kupang. (AM/Humas Setda Kota Kupang)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons