Sambil jadi Penjual Es di Pasar, BKH Serap Aspirasi Wong Cilik

Istimewa

Istimewa

LARANTUKA, berandanusantara.com – Ada hal menarik yang dilakukan Cagub Nusa Tenggara Timur (NTT) nomor urut 3, Benny K. Harman (BKH) dalam menjaring aspirasi rakyat kecil. Seperti halnya yang dilakukan di Pasar Inpres Larantuka, kelurahan Pohon Bao, Selasa (27/2/2018). Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu jadi penjual es.

Meski hanya singkat waktunya, namun BKH yang didampingi istrinya, Maria G. Ernawati Harman, rupanya sangat menikmati dan merasakan betul menjadi penjual es. Selain es, ada juga bubur kacang hijau yang disuguhkan. Keduanya memaknai betul apa yang dirasakan seorang pedagang kecil.

BKH dan istrinya sempat kerepotan melayani para pembeli. Menawarkan, sekaligus membuat campuran sehingga menjadi es dan bubur kacang hijau yang enak untuk dinikmati. Aksi sosok yang berpengaruh di kancah nasional itu pun sangat menarik simpati warga yang saat itu sedang berbelanja.

Dalam diskusinya dengan Hayati Lewonamang, seorang ibu penjual es dan bubur kacang hijau, BKH mendapati masukan yang intinya sama dengan para pedagang kecil pada umumnya yakni modal usaha. Hayati mengaku selama ini dirinya melakukan pinjaman modal di Koperasi harian.

“Pinjam Rp 500 ribu dengan bunga Rp 100 ribu, atau harus dilunasi kembali sebesar Rp 600 ribu. Tapiharus potong biaya administrasi sebesar Rp 50 ribu, sehingga terima  hanya Rp 450 ribu,” jelas Hayati kepada BKH.

Dari pinjaman itu, jelas Hayati, dirinya harus menyetor angsuran harian kepada Koperasi sebesar Rp. 20 ribu perhari. Menurutnya, mau tidak mau harus melakukan itu agar dapat membeli bahan atau keperluan untuk jualan.

Senada dengan Hayati, penjual sembako, Simon, juga mengeluhkan hal yang sama. Simon terpaksa harus meminjam di Bank dengan bunga tinggi karena kebutuhan terhadap modal untuk berjualan.

Mendengar itu, BKH saat itu berjanji akan mengatasi persoalan itu. Dalam programnya, kata BKH, akan diberikan modal usaha tanpa jaminan untuk jumlah tertentu. Dia juga memastikan akan memperhatikan nasib para pedagang kecil.

“Saya pastikan bahwa para pedagang kecil tidak lagi kesulitan modal usaha,” ungkap BKH. (Andyos/tim)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons