TTU Rayakan HKN di Daerah Pinggiran

Ist

Ist

KEFAMENANU, berandanusantara.com – Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), selalu memfokuskan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang selalu diperingati setiap tanggal 12 November pada daerah-daerah pinggiran. Tujuannya sederhana, yakni untuk mengkampanyekan tentang pentingnya kesehatan dimulai dari daerah pinggiran.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan TTU, dr Zakarias Fernandes menjelaskan, sejak tahun 2014, pihaknya telah melakukan hal tersebut, dimana saat itu peringatan HKN kala itu dilakukan di desa Manumean. Pada tahun 2015 di daerah Napan, serta pada tahun ini dilaksanakan di desa Haekto. Dan kedepan, kata dia, juga akan difokuskan di daeraj pinggiran.

“Ini menunjukan bahwa pelayanan kesehatan bukan hanya terpusat di kota saja, namun dari pelosok-pelosok,” ujarnya kepada Wartawan, Jumat (11/11/2016) di Kefamenanu.

Dikatannya, sejumlah kegiatan pun dilakukan untuk meramaikan HKN di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Distric Oecusse, negara Timor Leste ini. Kegiatan itu diantaranya bhakti sosial di tempat-tempat umum seperti terminal, Gereja, Mesjid, pasar dan tempat umum lainnya, serta ada juga pengobatan masal untuk masyarakat.

Selain itu, ada juga berbagai pertandingan olahraga seperti voli, tenis meja dan futsal. Untuk itu, dr Dery, sapaan akrabnya, mengajak partisipasi aktif seluruh kompenen masyarakat untuk mengkampanyekan pentingnya kesehatan bagi tubuh.

“HKN ini bukan milik dinas kesehatan saja, namun milik bersama. Diharapkan semua ikut berpartisipasi untuk dapat menyukseskan kegiatan ini, karena sehat itu bukan dari diri orang lain namun kesadaaran dari dalam diri sendiri,” pungkasnya. (Lius Salu)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons