Ingin Penyembuhan Batu Ginjal Tanpa Operasi? RS Siloam Kupang Tempatnya

Dr. Eric Hutauruk saat menjelaskan tentang mesin kejut ESWL. (Ist)


KUPANG, berandanusantara.com –
Bagi siapapun di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menderita penyakit batu ginjal tak perlu ragu. Kini, RS Siloam Kupang telah memiliki alat penyembuhan batu ginjal tanpa operasi yakni Extracoporeal Shock Wave Lithostripsy (ESWL).

Dokter Urologi RS Siloam Kupang, Eric Hutauruk menjelaskan, ESWL merupakan mesin kejut yang dapat memecahkan batu ginjal dengan teknologi laser. Mesin tersebut merupakan seri terbaru yakni Pizoeletrik generator.

“Saat dipecahkan melalui mesin ESWL, batu ginjal yang hancur akan keluar melalui saluran kencing saat buang air kecil,” jelas dr. Eric, Rabu (4/12/2019) di aula serba guna lantai 6 RS Siloam Kupang.

Dengan adanya mesin kejut di RS Siloam, dr. Eric memastikan kalau pasien batu ginjal tidak harus berobat atau dirujuk ke luar NTT. Malah menurutnya, banyak pasien batu ginjal dari sejumlah daerah justru akan berobat di RS Siloam Kupang.

Soal harga sekali berobat dengan mesin kejut ESWL, dr. Eric menjelaskan bahwa pihak manajemen sementara menggodoknya. Namun, untuk pasien BPJS tetap akan dilayani sebagaimana mestinya.

“Yang pasti mesin ini akan sangat membantu masyarakat NTT,” ujarnya.

Dia menjelaskan, NTT termasuk daerah yang jumlah penderita batu ginjal cukup tinggi. Penyebabnya ialah tingginya kadar kapur pada air tanah yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari, disamping kurangnya mengkonsumsi air putih.

Untuk itu, dia menghimbau masyarakat NTT agar lebih banyak mengkonsumsi air kemasan daripada air tanah. Menurutnya, karakteristik air tanah maupun sumur di NTT meski telah dimasak berulang-ulang, namun tetap mengandung kapur.

“Selain NTT, ada juga Kalimantan dan NTB yang angka penderita batu ginjalnya cukup tinggi,” katanya.

Sementara CEO RS Siloam Kupang, dr. Hans Lie mengatakan mesin kejut gang disediakan oleh RS Siloam Kupang adalah bentuk respon manajemen terhadap tingginya angka penderita batu ginjal di NTT.

“Semoga mesin kejut ini dapat membantu masyarakat khususnya lenderita batu ginjal,” pungkasnya. (am/bn)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons