Sembilan Pejabat Ikut Seleksi Terbuka untuk Jabatan Sekda Kota Kupang

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ist

KUPANG, berandanusantara.com – Sembilan orang pejabat mengikuti seleksi terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PJPTP) Sekretaris Sekda Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sembilan pejabat tersebut sebelumnya telah lolos seleksi administrasi.

Seleksi terbuka itu dilaksanakan di aula Hotel Naka Kupang, Rabu (8/7/2020) kemarin, dan dibuka oleh Wakil Wali Kota, Hermanus Man. Turut hadir Penjabat Sektetaris Daerah Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka.

Hadir juga Bernadus Benu selaku anggota panitia seleksi, tim penilai kompetensi seleksi dari Pemerintah Provinsi NTT dan para Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemkot Kupang, serta kesembilan pejabat yang mengikuti seleksi.

Sembilan pejabat yang mengikuti seleksi merupakan aparatur sipil negara (ASN) dari lingkup Pemerintah Kota Kupang dan Pemerintah Kabupaten Kupang. Seleksi akan dilanjutkan dengan tahapan uji kompetensi manajerial bidang dan wawancara akhir yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang.

Kesembilan pejabat yang mengikuti seleksi diantaranya; Abraham David Evil Manafe (saat ini menjabat Kepala BKPPD Kota Kupang), Ejbends H. D. S. Doeka (saat ini menjabat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kupang), Fahrensy Priestly Funay (saat ini menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kupang).

Selain itu, dr. I Wayan Ari Wijana S. Putra (saat ini menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Kupang), Jeffry Edward Pelt (saat ini menjabat kepala BAPPEDA Kota Kupang), Noce Nus Loa (saat ini menjabat Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang).

Novita Debora Efliana Funay (saat ini menjabat Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kupang), Pieter Charles Sabaneno (saat ini menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang), Thomas Didimus Dagang (saat ini menjabat Staf Ahli Wali Kota Kupang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia).

Wakil Wali Kota Kupang dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses seleksi ini telah lama ditunggu oleh jajaran birokrasi Pemerintah Kota Kupang maupun masyarakat karena administrasi pemerintahan harus berjalan dimana Sekda bertindak selaku pemegang jabatan administrasi tertinggi.

“Hari ini kita bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada panitia seleksi dan tim assessor dari Pemerintah Provinsi yang telah terlibat dan juga kepada 9 calon yang mengikuti seleksi saya memberikan apresiasi karena turut mendaftar, ā€¯ungkap dr. Herman Man.

Wakil Wali Kota mengatakan bahwa paling lambat bulan Agustus 2020, Pemerintah Kota Kupang telah memiliki Sekretaris Daerah secara definitif. Beliau menyampaikan beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang Sekda adalah kompetensi manajerial pada bidang yang dipimpin, kualifikasi dan kepangkatan juga harus memenuhi syarat dalam undang-undang yang mengatur proses seleksi.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Sekretaris BKPPD, Ir. Solvie Y. Henny Lukas, kegiatan ini terselenggara untuk menyeleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kota Kupang yang transparan, obyektif, kompetitif dan akuntabel. Memberikan kesempatan kepada ASN Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT yang memenuhi syarat untuk berkompetisi secara terbuka. Selain itu, juga untuk melakukan pengembangan karir ASN dan menghasilkan pejabat pimpinan tinggi pratama yang berkualitas, professional dan berdaya saing.

Adapun tahapan seleksi yang dilaksanakan adalah seleksi administrasi, uji kompetensi manajerial dan bidang dan wawancara akhir. Metode-metode yang digunakan dalam tahapan seleksi diantaranya penulisan dan presentase makalah, wawancara, pengamatan atau rekam jejak, diskusi dan bedah kasus. (AM/HMS)


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons