Warga Bolok Kecewa Dengan Kinerja PDAM Kabupaten Kupang

Pertemuan PDAM Kabupaten Kupang dengan Tokoh Masyarakat Bolok.

Pertemuan PDAM Kabupaten Kupang dengan Tokoh Masyarakat Bolok.

KUPANG, berandanusantara.com – Akibat lambannya pihak Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Kupang menanggapi keluhan serta permohonan warga Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), terkait pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah tersebut, sejumlah warga mengaku kecewa.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara sejumlah Tokoh Masyarakat setempat, bersama Pihak PDAM Kabupaten Kupang yang difasilitasi Anggota DPRD Kabupaten Kupang Ayub Tik dan Kepala Desa setempat, Rabu (8/4/2015).

Direktur PDAM Kabupaten Yonannis Oetemusu yang hadir dalam pertemuan tersebut bersama beberapa stafnya, langsung diserang oleh sejumlah Tokoh Masyarakat dengan berbagai keluhan terkait kinerja perusahaan milik pemerintah kabupaten Kupang tersebut.

Warga mengaku, pihak PDAM Kabupaten Kupang telah empat kali sejak tahun 2004 turun ke Bolok untuk sosialisasi, bahkan telah menjanjikan akan segera menjawab kebutuhan masyarakat setempat yang telah bertahun-tahun kesulitan air bersih. Dengan dasar itu, sekitar 120 kepala keluarga (KK) telah menyetor uang muka untuk pemasangan pipa sebesar Rp. 100.000 per kk. Namun, sampai dengan saat ini tidak juga terealisasi.

“Kita butuh suatu kepastian dari PDAM Kabupaten Kupang. Jangan hanya kita habiskan waktu untuk pertemuan, tapi tidak ada realisasi,” ungkap salah seorang warga dengan nada kesal.

Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Ayub Tik, yang menjadi fasilitator pertemuan tersebut mengungkapkan, kekecewaan warga bolok merupakan buntut dari lambannya pihak PDAM dalam menanggapi keluhan warga setempat. “Ini semua karena PDAM yang lamban, karena warga semua sudah siap untuk pasang, bahkan mereka telah bayar uang muka,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PDAM Kabupaten Kupang Yonanis Oetemusu berkomitmen dalam tahun ini pihaknya akan berupaya melakukan pemasangan pipa untuk warga Bolok. Ia juga mengimbau masyarakat setempat agar segera menyiapkan segala administrasi agar segera ditindaklanjuti pihak PDAM Kabupaten Kupang.

“Ini komitmen kami, dalam tahun ini saya jamin semua sudah bisa direalisasikan untuk warga bolok,” ungkap Oetemusu. (Andyos)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons