Julie Sutrisno Laiskodat Fasilitasi Pemuda Amarasi Dilatih jadi Petani Handal

  • Whatsapp
Julie Sutrisno Laiskodat menunjukan sayur brokoli hasil tanam di Kabun Agrowisata NasDem di Desa Kota Bes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang. (Foto: *BN)

KUPANG, berandanusantara.com – Sebanyak enam (6) pemuda/pemudi dari Desa Kota Bes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berkesempatan mengikuti pelatihan di bidang pertanian pada beberapa lembaga yang berkualitas dan berkompeten.

Para pemuda/pemudi tersebut difasilitasi langsung oleh Ketua Teritori Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, NTB dan NTT DPP Partai Nasdem, Julie Sutrisno Laiskodat. Tujuan utamanya agar sekembalinya dari pelatihan tersebut, para pemuda/pemudi bisa menjadi petani handal yang mampu mengelola lahan dan meningkatkan kualitas hasil pertanian.

Read More

banner 728x250

Disamping itu, Julie Sutrisno Laiskodat juga mendorong agar para pemuda/pemudi yang telah ikut pelatihan nantinya dapat mengembangkan agrowisata, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Partai NasDem di Desa Kota Bes, agar tidak saja menghasilkan produksi pertanian yang berkualitas, namun bisa menarik pengunjung untuk berwisata.

“Lokasi di sini (Kota Bes) sangat bagus karena di ketinggian. Udaranya segar. Tanahnya juga subur. Tapi pengelolaannya semua masih manual sehingga belum tertata dengan rapi menjadi sebuah agrowisata yang menarik. Nah, untuk itu kita butuh Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa mengelola itu,” jelas Julie, Senin (6/9/2021).

“Mereka akan belajar tentang bagaimana memaksimalkan lahan pertanian serta dapat dilatih untuk membuat pupuk organik. Sehingga saat mengelola lahan pertanian, tidak berpikir lagi untuk memasok pupuk dari luar karena sudah bisa memproduksi sendiri,” sambung Julie.

Selain akan belajar pertanian, keenam pemuda/pemudi dari Desa Kota Bes tersebut juga akan dilatih cara pemasaran produk pertanian, dengan pemanfaatan teknologi. Apalagi saat ini, menurut Julie, salah satu cara pemasaran yang paling efektif yakni melalui sistem online (daring) baik melalui media sosial (medsos), maupun dengan aplikasi-aplikasi jual beli yang tersedia.

Tidak sampai di situ, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dekranasda NTT, Julie berjanji akan membantu agar seluruh restoran, hotel serta pusat perbelanjaan untuk mengambil sayur dan hasil pertanian lainnya melalui kelompok-kelompok binaan, seperti yang telah dilakukan di Kota Kupang dan beberapa kabupaten di NTT.

“Saya akan memberikan masukan kenPak Gubernur agar nantinya ada Peraturan Gubernur (Pergub), yakni semua sayur-mayur dan kebutuhan pokok di NTT tidak boleh datang dari luar. Tapi saat ini kita mesti perbanyak pelaku-pelakunya. Semua kelompok binaan harus organik sehingga bisa layak dijual,” ujar dia.

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno mengatakan agrowisata yang telah dibuat Partai NasDem di Kabupaten Kupang merupakan sebuah hal yang baik dan positif. Hal tersebut, menurut dia, telah menjadi contoh dan kedepan pihaknya akan membuat agrowisata serupa di beberapa lokasi yang memiliki tekstur tanah dan udara yang sama dengan Desa Kota Bes.

“Soal pemuda/pemudi yang dikirim mengikuti pelatihan pertanian, kamu akan memberdayakan mereka untuk menggunakan ilmu yang dimiliki mengelola lahan di lokasi lain, selain di Desa Kota Bes. Mulai dari penanaman, sampai pada penataan berbagai hal di dalam lahan sehingga menjadi estetik dan layak sebagai agrowisata,” jelas Korinus.

Korinus juga berjanji bahwa kedepan pemerintah Kabupaten Kupang bersama DPRD akan menyusun berbagai program yang berkaitan dengan pengembangan agrowisata. Dia juga berjanji, 50 persen kecamatan se-Kabupaten Kupang, khususnya yang ada di pesisir selatan dan poros tengah akan dibuat agrowisata.

“Perlu dibangun sehingga bisa terintegrasi sehingga nantinya akan jadi market besar di Amarasi. Oleh sebab itu, langkah awalnya tentu kita akan dorong untuk menaikan produksinya terlebih dahulu dan harus alami,” tandas Korinus yang juga Ketua Dewan Pembina Partai NasDem Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan itu, Julie Sutrisno Laiskodat melakukan panen berbagai komoditas pertanian yang ditanam di Kebun Agrowisata Nasdem di Desa Kota Bes, Kabupaten Kupang, yakni brokoli, terong ungu, wortel, dan tomat. Selain itu, Julie juga melakukan penanaman bibit jagung di lokasi tersebut.

Hadir mendampingi Julie Sutrisno Laiskodat, Wakil Ketua Bidang Pertanian, Perikanan dan Kemandirian Desa, Heribertus Nono, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik, Elas Jawamara, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM, Antonia Pah serta, Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu, Maria Margaretha Bhubhu, Ketua DPC Partai NasDem Kabupaten Kupang, Sofia Melalak-de Haan, Sekertaris Partai NasDem Kabupaten Kupang, Nelson Ndolu, serta para anggota DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi NasDem. (*BN/AM)

Related posts