Bobby Lianto Pimpin Kadin NTT

  • Whatsapp
Penyerahan bendera pataka Kadin NTT dari Ketua Umum Demisioner Abraham Paul Liyanto kepada Ketua Umum terpilih Bobby Lianto. (Foto: BN)

KUPANG, berandanusantara.com – Bobby Lianto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi NTT periode 2021–2026.

Dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) ke-7 Kadin NTT, Senin (20/12/2021) di Hotel Aston Kupang, 22 pengurus Kadin Kabupaten/Kota se-NTT sepakat memilih pemilik perumahan Sejahtera Land itu untuk manahkodai Kadin NTT 5 tahun kedepan.

Read More

banner 728x250

Sebelumnya, saat masa penjaringan calon Ketua Umum Kadin NTT, terdapat lima calon yang mendaftarkan diri yakni; Christofel Liyanto, Vivo Balo, Hidayat Hanas, Aleksander Funay, serta Bobby Lianto.

Dari kelima calon Ketua Umum Kadin NTT yang mendaftar, Bobby Lianto memenuhi segala persyaratan pencalonan yakni menandatangani Pakta Integritas, KTA tiga tahun terakhir, serta membayar uang pendaftaran sebesar Rp300 juta.

Selain itu, Bobby Lianto juga berhasil memenuhi syarat dukungan dari pengurus Kabupaten/Kota minimal lima. Namun saat pendaftaran, Bobby berhasil meraih dukungan penuh dari 22 pengurus Kabupaten/Kota se-NTT.

Meski demikian, dalam Musprov ke-7 Kadin NTT, seluruh calon ikut bersepakat mendukung Bobby Lianton sehingga saatbitu juga langsung ditetapkan sebagai Ketua Kadin NTT periode 2021–2026.

Kepada media, Bobby Lianto mengatakan menjadi Ketua Umum Kadin NTT adalah sebuah panggilan dengan visi melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Dasar visi itu, kedepan Kadin NTT akan membuat berbagai pendidikan dan latihan (diklat).

“Kami akan membentuk ekosistem dengan mengajak orang untuk menjadi pengusaha. Dengan pelatihan, orang yang baru akan memulai usaha pasti akan aman. Kadin NTT akan menjadi mentor atau ‘Bapak Asuh’ bagi pengusaha baru,” ujar dia.

Masih soal pelatihan, menurut Bobby, Kadin NTT akan memperkenalkan pengusaha baru dengan hal yang baru misalkan pameran ke daerah lain, bahkan ke luar negeri sehingga hal itu pengusaha bisa belajar.

“Kami juga akan membuat forum komunikasi, di mana akan mengeksplor setiap potensi yang ada di daerah. Tukar pikiran bersama, sehingga bisa menghasilkan industri-industri baru,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bobby mengatakan Kadin NTT adalah Rumah Besar pengusaha, sehingga dirinya akan merangkul semua anggota untuk sama-sama bekerja dan menjadi berkat, serta untuk kepentingan kebersamaan.

“Ada senior-senior yang memiliki pemikiran-pemikiran bagus, kami pasti akan tempatkan mereka di Dewan Pengarah maupun Dewan Pertimbangan untuk selalu memberikan masukan,” katanya.

“Sementara yang masih muda, bisa dan mau bekerja, pasti akan kami rangkul semuanya untuk bisa bekerja secara bersama-sama,” sambung Bobby.

PKS dengan Mitra

Usai ditetapkan sebagai Ketua Umum dalam Musprov ke-7 Kadin NTT, Bobby Lianto langsung mewakili Kadin NTT menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan para mitra yakni; Bank NTT, PT. Jasa Raharja Putera, Bank Mandiri, serta Pegadaian.

Menurut Bobby, khusus PKS dengan lembaga perbankan, Kadin NTT akan menberikan nilai tambah khususnya pemilik Kartu Tanda Anggota (KTA) Kadin, yang nantinya akan mendapatkan fasilitas khusus dalam pelayanan perbankan.

“Misalnya untuk layanan kredit, apabila mendapat rekomendasi dari Ketua Umum Kadin, maka bunganya akan kecil dan Kadin ikut bertanggungjawab secara moril,” tandas Bobby. (*BN)

Related posts