Ketika Uskup Atambua dan Lima Pastor Berdoa Berkat untuk Dirut Bank NTT

  • Whatsapp
Uskup Atambua, Mgr. Dr Dominikus Saku, Pr seusai berdoa, menyalami Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho. (Foto: istimewa)

KUPANG, berandanusantara.com – Dalam kiprahnya, PT Bank Pembangunan Daerah NTT (Bank NTT) tidak saja fokus pada tugasnya sebagai lembaga jasa keuangan yang melayani kebutuhan masyarakat dalam kebutuhan simpan maupun pinjam, melainkan turut serta dalam membangun kesejahteraan dan kerohanian umat.

Tak heran jika ada banyak rumah ibadah interdenominasi yang dibangun dengan fasilitas pinjaman dengan perlakuan khusus oleh bank yang memiliki motto Melayani Lebih Sungguh ini. Terakhir, Bank NTT ikut mendukung pembangunan Taman Doa St. Maria Imaculata Paroki Sasi Kefamenanu-TTU.

Read More

banner 728x250

Taman doa megah yang pembangunannya membutuhkan biaya tidak sedikit itu, ternyata masih kurang dalam sisi pendanaan. Panitia pun menggelar berbagai aksi penggalangan dana, termasuk mendesain album rohani dan menjualnya. Nama album rohani ini ‘Lagu Cinta Dari Timor Part 1’, dan kemudian diluncurkan lagi album dengan titel yang sama, untuk bagian kedua. Album kedua ini diluncurkan Senin (10 Januari 2022) malam di Palacio Ballroom Aston Hotel Kupang dengan titel yang sama yakni malam penggalangan dana. Acara ini sepenuhnya disupport Bank NTT.

Hadir Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr, para pastor maupun perwakilan dari Keuskupan Agung Kupang. Tak hanya itu, Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho hadir didampingi Direktur Teknologi Informasi dan Operasional, Hilarius Minggu, Direktur Kepatuhan, Christofel Adoe, serta para kepala divisi dan pimpinan cabang dan staf. Gubernur NTT, hadir diwakili Asisten III Setda NTT serta para pejabat Forkopimda.

Malam dana ini diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Uskup Atambua, dan diisi dengan sejumlah senandung pujian dari Trio The Secret Family, maupun choir yang terdiri dari puluhan Orang Muda Katolik (OMK). Ada pula penandatanganan album oleh Dirut Bank NTT dan juga Uskup Atambua disaksikan para pastor yakni Pastor Paroki Sasi, Pater Jose Nitsae, OFMConv, Pater Titus yang adalah perintis pembangunan taman doa, serta para pastor. Hadir juga di atas panggung, Asisten III Setda NTT mewakili Gubernur NTT, juga pejabat lainnya.

Berkati Dirut Alex

Ada yang menarik dalam malam penggalangan dana, di Palacio Ballroom Aston Hotel Kupang, Senin malam saat pemandu acara mengundang Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr bersama lima pastor yakni Pater Satya Ginting, OFMConv, Romo Kristo Oki, Pr. Romo Desiderius Saba, Pr. Pater, Titus, Pastor Paroki Sasi, Pater Jose Nitsae, OFMConv naik ke atas panggung dan kemudian mengundang Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho.

Dari atas panggung, para pemimpin umat ini berdiri lalu mendoakan Dirut Alex yang berada di bawah panggung, menghadap ke arah Uskup dan para pastor. Tak lama, mereka menumpangkan tangan dan memberi berkat kepada Dirut Alex. Suasana prosesi sangat khusuk, diiringi lantunan musik rohani dan lagu Halleluya. Tak lama, Uskup turun menjemput Dirut Alex dan menjabat tangannya. Alex pun menunduk memberi hormat dan kemudian kembali ke tempat duduknya.

Adapun bait-bait doa berkat itu antara lain:
Pada hari ini kami mohon secara khusus berkat dan kasihMU bagi Dirut Bank NTT bapak Harry Alexander Riwu Kaho. Berkati hatinya dengan kelembutan hatimu, arahkanlah pkirannya dengan jalan pikiranmu yang Ilai, tuntunlah tangan dan kakinya untuk melakukan perbuatan-perbuatan kasih bagi sesama.

Selaraskanlah kehendahnya dengan kehendakMU yang tak penah menyesatkan dan jauhkanlah dia dari keinginan-keinginan yang berpusat pada diri sendiri.
Beri kesehatan baginya demi pekerjaan-pekerjaan yang memperhatikan sesama secara khusus mereka yang kecil, dan tidak punya harapan. Berkati keluarganya, berkati anaknya, muluskanlah segala cita-cita dan niat baiknya. Serta berkati masa depannya.

Secara khusus kami doakan juga isteri beliau, Ibu Riwu Kaho Omawele yang telah Engkau panggil enam tahun yang lalu. Kami percaya, Engkau beri dia kebahagiaan abadi seperti yang Engkau janjikan kepada setiap orang yang memelihara imannya kepadaMU.
Akhirnya kami mohonkan berkatMU untuk segala kehidupannya, untuk semua orang yang dicintainya maupun mencintainya serta dalam usaha pekerjaan dan niat baiknya.

Demi Kristus Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Engkau, dalam persekutuan Roh Kudus, hormat dan kemuliaan sekarang dan segala masa.
Atas nama Bapa, Putra dan Roh Kudus.
Amin

Bank NTT Jadi Berkat

Dalam sedikit penyampaiannya, Pater Jose Nitsae menegaskan bahwa jika saja mereka mengandalkan kemampuan sendiri, maka tidak mungkin sampai ke titik ini, yakni memiliki taman doa yang representatif bagi semua umat.

“Tanpa uluran tangan dan cinta dari bapak ibu sekalian maka patung tidak akan berdiri dan taman serta pelataran tidak jadi. Namun karena bapak ibu saudara/I yang memberi cinta bagi kami maka apa yang direncanakan pendahulu saya yakni Pastor Titus maka hari ini boleh terwujud. Kami patut berterimakasih kepada semua cinta, terutama Bank NTT yang sudah mendukung kami,”tegasnya.

Pendampingan Bank NTT terhadap pembangunan taman doa, berawal dari adanya kendala dalam tahapan pengecoran. Setelah berdirinya empat tiang penyangga, panitia kehabisan dana. Hingga pada Februari 2020, Harry Alexander Riwu Kaho dalam kapasitas sebagai Direktur Pemasaran Dana menghadiri undangan pentas seni dari Pastor Titus sekaligus meresmikan Lopo Dia Bisa kelompok OMK Paroki Sasi. Mulai saat itulah Bank NTT mendampingi Paroki Sasi dalam membangun taman doa megah yang baru diresmikan dan diberkati oleh Yang Mulia Uskup Atambua pada 30 Oktober 2021 lalu. (*/BN/MDS)

Related posts