PDAM Kabupaten Kupang Berlakukan Sistem Distribusi Air Bergilir

Lobrik Saubaki. (Ist)

Lobrik Saubaki. (Ist)

KUPANG, berandanusantara.com – Musim kemarau yang terjadi saat ini mempengaruhi debit air pada sejumlah sumber air. PDAM kabupaten Kupang pun akan segera mengambil langkah dengan menerapkan sistem distribusi air secara bergilir.

Sistem ini terpaksa harus dilakukan dengan tujuan agar pelayanan air bersih kepada masyarakat, khsusnya pelanggan PDAM Tirta Lontar kabupaten Kupang bisa dinikmati secara merata.

Pelaksana Tugas Dirut PDAM Tirta Lontar, Lobrik Saubaki, Jumat (30/8/2019) belum lama ini menjelaskan hal tersebut. Menurutnya, sebelum musim kemarau biasanya ada pelanggan yang bisa menikmati air selama 24 jam non stop.

“Kalau di musim kemarau akan dibatasi,” ungkap Saubaki di ruang kerjanya.

Selain itu, lanjut Saubaki, pihaknya juga akan mengecek sumber-sumber air yang rentan mengalami penurunan debit untuk dibatasi penyedotannya. Hal ini untuk menjaga agar kerja mesin pompa bisa menyesuaikan dengan kondisi sumber air.

“Jangan sampai kerja mesin pompa tifak sebanding dengan debit air yang afa,” jelasnya.

Dia juga menghimbau kepada pelanggan agar di musim kemarau ini dapat memanfaatkan air sesuai dengan kebutuhan. Tidak lupa, dia juga mengingatkan masyarakat agar taat dalam hal membayar iuran air setiap bulannya.

“Dana yang dipakai untuk operasional PDAM kabupaten Kupang,” tegasnya.

Terhadap jaringan pipa, Saubaki mengakui kalau banyak yang sudah tua dan keropos serta gampang mengalami kebocoran. Untuk itu, dirinya meminta masyarakat untuk bisa melapor ke PDAM kabupaten Kupang apabila terjadi masalah.

“Jangan sungkan untuk melapor. Petugas akan segera turun ke lapangan,” pungkasnya. (AM/BN)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons