Pelabuhan Tenau Segera jadi Pelabuhan Internasional

Pelabuhan Tenau Kupang. (foto: dok. victory news)

Pelabuhan Tenau Kupang. (foto: dok. victory news)

KUPANG, berandanusantara.com – Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) rencananya akan dikembangan menjadi pelabuhan internasional. Rencana pengembangan pelabuhan Tenau ini bahkan akan menjadi salah satu prioritas dan telah ditegaskan sendiri oleh Presiden Joko Widodo.
Kepala Biro Humas Setda provinsi NTT, Marius Jelamu, Kamis (15/8/2019) mengemukakan bahwa pembangunan fisiknya akan bekerja sama dengan pihak dari Bank Dunia. Menurutnya, perwakilan Bank Dunia juga telah bertemu gubernur NTT dan membicarakan berbagai hal terkait pengembangan pelabuhan Tenau.
“Ini akan menjadi peluang bagi Nusa Tenggara Timur,” ujar mantan Kepala Dinas Pariwisata NTT itu.
Marius mengatakan bahwa selain pelabuhan Tenau juga akan turut dikembangkan antara lain; pelabuhan Maumere, Waingapu serta beberapa pelabuhan lain di NTT. Marius sangat berkeyakinan kalau nantinya Tenau dan sejumlah pelabuhan naik status menjadi pelabuhan internasional maka aktifitas perdagangan akan semakin menggeliat di NTT.
“Pastinya titik utama pelayaran tidak lagi melalui Makasar, Surabaya atau Jakarta tetapi sudah bisa dimulai dari NTT. Begitu juga dengan aktifitas ekspor, pasti NTT akan menjadi pintu,” jelas Marius.
Berkaitan dengan kerja sama antara Pemerintah NTT dan Bank Dunia tersebut, tambah Marius, pada bulan September 2019 mendatang akan digelar Focus Discusion Group(FDG) bersama semua pihak terkait. FDG tersebut akan dilaksanakan di Kota Kupang.
“Kita sama-sama doakan agar semua bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (AM/NTN)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons