Aksi Bersih Pantai PH Foundation dan ‘Beach Love Community’ Rote Ndao

Ist

Ist


BA’A, berandanusantara.com –
Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, PH Foundation bersama Beach Love Community melakukan aksi membersihkan pantai. Aksi ini dipusatkan di objek wisata magrove Ndi’i Lifu, desa Maubesi, kecamatan Rote Tengah, kabupaten Rote Ndao pada Minggu (3/11/2019).

Hadir dalam aksi tersebut beberapa anggota DPRD Rote Ndao yakni; Paulus Henuk dari Partai Perindo, Charli Lian dari Partai Persatuan Oembangunan (PPP) dan Feky Boelan dari Partai Hanura.

Dalam aksi tersebut, para anggota komunitas membawa sejumlah tempat sampah dan spanduk yang berisi ajakan kepada pengunjung temoat wisata untuk tidak membuang sampah sembarangan. Spanduk berisi ajakan itu pun langsung dipasang di sekitar lokasi tersebut.

Paulus Henuk yang juga merupakan Inisiator pembentukan Komunitas Cinta Pantai, mengatakan bahwa saat ini Indonesia termasuk dalam salah satu negara yang memproduksi Sampah Plastik terbesar di dunia. Sementara Indonesia sendiri belum memiliki metode pengolahan sampah yang benar.

“Oleh karena itu, pemerintah harus mendorong setiap masyarakat untuk mengambil peran dalam mengurangi sampah di lingkungan sekitar. Itulah sebabnya perkumpulan kita ini intens mengkampanyekan kesadaran bagi masyarakat untuk tidak membuang Sampang disembarang tempat,” ungkapnya.

Menurut Paulus Henuk, yang paling potensial untuk meningkatkan devisa negara adalah sektor pariwisata. Oleh karena itu, dirinya meyakini bahwa jika obyek wisata mangrove dikelolah secara baik, maka akan berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, khsusnya di desa Maubesi.

Pada kesempatan itu, Paulus juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh anggota Komunitas yang hadir untuk mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai. Ia berharap kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat seluruh anggota komunitas untuk semakin mencintai pantai.

Ist

Ist

Anggota DPRD lainnya, Carlie Lian pada kesempatan itu berjanji akan berkoordinasi dengan teman-teman Anggota DPRD yang lain serta pemerintah, agar komunitas tersebut mendapatkan dukungan guna kelancaran program kegiatan dari komunitas Cinta Pantai tersebut.

“Saya tau, selama ini teman-teman sekalian mengeluarkan uang sendiri hanya karena kecintaan terhadap kebersihan pantai. Untuk itu, sudah selayaknya pengorbanan teman-teman mendapatkan perhatian dari pemerintah,” ungkap Carlie.

Ist

Ist

Untuk diketahui, sejak dibentuknya pertama kali, komunitas ini telah melakukan aksi yang sama di beberapa lokasi objek wisata pantai. Rencananya dalam waktu dekat, Komunitas ini akan kembali mlakukan aksi bersih pantai di objek wisata pantai Tolanamon, kecamatan Rote Selatan. (AM/BN/CM).

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons