Angelo Wake Kako: Bayangkan Kalau Dasar Negara Kita Bukan Pancasila

Angelius Wake Kako saat membawakan materi Empat Pilar Kebangsaan. (Ist),


KUPANG, berandanusantara.com –
Anggota DPD RI asal NTT, Angelius Wake Kako, Jumat (22/11/2019) melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada puluhan mahasiswa di aula kantor DPD RI NTT, Jalan Polisi Militer, Kupang.

Dalam presentasinya, Angelius atau yang akrab disapa Angelo itu mengemukakan bahwa para Presiden RI pertama, Soekarno merupakan tokoh hebat, karena berhasil membuat konsep berbangsa yang dapat mempersatukan seluruh masyarakat.

Apalagi, menurut mantan Ketua PMKRI pusat itu, di tengah dinamika bangsa yang majemuk dengan berbagai cara pandang, namun Soekarno mampu menuangkan ide dan gagasannya, yang pada akhirnya menjadk dasar negara Indonesia.

“Bayangkan kalau dasar negara kita bukan Pancasila,” tandasnya.

Angelo mengatakan kalau dasar negara Indonesia bukan Pancasila, maka pasti sudah tercerai-berai bahkan situasi dan kondisinya berbeda dengan yang dialami saat ini. Indonesia pasti hancur sejak dahulu kala.

Dikatakan Angelo, dalam pidato di forum PBB tahun 1960, Soekarno dalam pidatonya di hadapan seluruh pimpinan negara menjelaskan tentang ko sep Pancasila. Dan, bangsa-bangsa di bagian barat sangat mengakui kalau Pancasila telah mencakup semua aspek kehidupan secara global.

“Pancasila merupakan paham yang benar-benar utuh,” ungkapnya.

Meski demikian, Angelo mengatakan Lancasila akan gagal apabila sila kelima atau sila yang terakhir tentang keasilan sosial tidak berjalan, maka Pancasila sesungguhnya akan gagal ayau tidak berhasil.

“Artinya pemerintah harus memastikan bahwa semua anak bangsa sejahtera,” pungkas Angelo. (Am/bn)

Show Buttons
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Pinterest
Hide Buttons