KPS Paket Harmoni Bukti Keberpihakan Terhadap Petani NTT

  • Whatsapp
Ist
Ist
Ist

LABUAN BAJO, berandanusantara.com – Paslon Cagub dan Cawagub NTT, Bennu K Harman-Benny A Litelnoni (Harmoni) membuktikan keberpihakannya kepada petani lewat Kartu Petani Sejahtera (KPS).

Diluncurkan di Sumba Barat Daya pada tanggal 18 Mei 2018 belum lama ini, KPS mendapat apresiasi yang cukup besar dari masyarakat NTT, khususnya petani. Tak ayal, ratusan ribu petani telah ambil bagian untuk mendapatkan KPS.

Read More

banner 728x250

Cagub NTT Benny K Harman saat berkunjung di Manggarai Barat, Jumat (25/5/2018) juga menjelaskan manfaat KPS. Dasar pemikirannya lahir lantaran 85 persen penduduk di NTT adalah petani yang dikategorikan miskin.

“Masalah pokok petani miskin yakni modal dan keterampilan,” ungkap Benny K Harman.

Untuk itu, KPS hadir dengan enam manfaat yang merupakan kebijakan pokok paket Harmoni untuk petani.

Pertama, setiap rumah tangga tani akan mendapat modal usaha maksimal Rp.10 juta. Kedua, KPS menjamin bantuan bibit, benih, pakan ternak, alat pertanian dan pupuk bagi petani.

Ketiga, rumah tangga tani diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja. “Di BLK petani diberi pengetahuan baru, manajemen dan mengolah hasil pangan kita,” kata BKH.

Keempat, pemerintah menjamin pembelian hasil pertanian sehingga harga komoditi petani dilindungi. “Harga kita selama ini ditentukan oleh yang punya uang, sekarang saatnya petani punya nilai tawar” tegas BKH.

Kelima, menjamin asuransi gagal panen bagi petani. Keenam, rumah tangga tani yang anaknya kurang mampu mendapatkan beasiswa dari pemerintah provinsi.

Selain keenam program ini, infrastruktur penunjang pertanian akan diperbaiki agar mobilitas barang dan jasa cepat berputar. (AM/vox/tim)

Related posts