Benny K Harman Tawarkan Solusi Atasi Masalah Petani

  • Whatsapp
Ist
Ist
Ist

RUTENG, berandanusantara.com – Sebanyak 8,5 persen dari 1,2 juta orang miskin di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah Petani. Karena itu, perjuangan mengubah NTT adalah memperbaiki nasib Petani.

Dan, kebanyakan orang yang dikategorikan miskin itua ada di kampung-kampung. Kendala yang sering juga dialami adalah pada modal dan keterampilan.

Read More

Dasar itulah yang membuat Cagub NTT Benny k Harman membuat program, dimana salah satunya menitik beratkan perhatiannya pada Petani. Karena itu, BKH, sapaan akrabnya, menawarkan 6 program kunci buat petani.

Hal tersebut dipaparkan BKH saat kampanye putaran ke 3 di Kampung Reok, kabupaten Manggarai, Selasa (24/4/2018). Masyarakat yang sebagian besar adalah petani, sangat antusias dengan tawaran program mantan Ketua Komisi III DPR RI, yang juga putra asli Manggarai itu.

Program-program tersebut antara lain, pertama, bantuan modal usaha paling banyak Rp.10 juta untuk keluarga miskin. Karena, menurut BKH, selama ini Petani sering mengeluh soal modal usaha.

“Hasil panen hanya 2 kali setahun, ada yang cuma satu kali. Kalau mereka tidak punya mood usaha bagaimana mereka bisa hidup?”jelas BKH.

Solusi yang kedua, jelas BKH, adalah bantuan pupuk dan bibit agar produktivitas panen meningkat. Ketiga, agar ada keadilan harga, BUMD akan diaktifkan untuk membeli produk petani sesuai harga yang layak.

“Peran BUMD ini juga akan membantu petani mengatasi harga yang jatuh. Pemerintah wajib membelinya,” kata BKH.

Keempat, petani diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti pelatihan keterampilan bekerja melalui pengadaan Balai Latihan Kerja (BLK).

Kelima, pengadaan asuransi gagal panen. Program ini untuk membantu petani yang tanamanya diserang hama, bencana longsor, banjir bandang, puting beliung, dan lain-lain.

Keenam, menyediakan beasiswa khusus bagi anak-anak petani yang berprestasi sehingga bisa melanjutkan sekolah.

Keenam tawaran solusi bagi Petani itu mendapat apresiasi dari warga setempat, yang juga adalah Petani. Seorang Ibu misalnya. Dia mengaku sangat tersentuh dengan program dari Cagub Benny K Harman itu.

“Dari sekian banyak calon gubernur yang menawarkan program, kami lebih puas dengan paket Harmoni (tagline pasangan Benny K Harman – Benny A Litelnoni),” ungkap Ibu yang enggan menyebutkan namanya dengan gembira. (AM/tim)

Related posts