Ketika Gubernur Viktor dan Dirut Bank NTT Unjuk Kebolehan Bermain Caci

  • Whatsapp
Gubernur NTT Viktor Laiskodat unjuk kebolehan bermain caci. (Foto: dok. Fortuna Press)

BORONG, berandanusantara.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungktilu Laiskodat (VBL), Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho dan Bupati Manggarai Timur (Matim) Agas Andreas, ikut dalam tarian caci yang digelar secara istimewa oleh masyarakat Mukun, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Minggu (17/4/2022).

Kegiatan yang berlangsung usai perayaan Minggu Paskah itu tidak saja menjadi tontonan menarik bagi Gubernur Viktor dan rombongan dari Kupang tetapi juga atraksi yang sangat menghibur bagi ratusan penonton warga setempat yang memadati halaman Susteran Spoleto atau halaman Asrama Putri St.Pius X Mukun.

Read More

banner 728x250

Pantauan media, tampak Gubenur NTT, Viktor Laiskodat, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Ketua DPRD Heremias Dupa, Direktur Utama Bank NTT Alexander Riwu Kaho serta anggota DPRD NTT Bonefasius Jebarus secara pergantian melakukan capuk halus atau pemukulan pertama.

Adapun Caci atau tarian caci adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk (larik) dan perisai (Nggiling). Penari yang bersenjatakan Larik bertindak sebagai penyerang dan lainnya yang bertahan menggunakan Nggiling. Tari ini biasanya dimainkan pada saat syukuran musim panen (Hang Woja) dan upacara adat besar lainnya.

Tarian caci mengandung makna simbolis yang melambangkan kejantanan, keramaian, kemegahan dan sportifitas. “Ca” berarti satu dan “Ci” berarti Uji sehingga bermakna uji satu lawan satu. Disela-sela permainan, para tetua adat baik laki-laki maupun perempuan menari (danding) dengan penuh suka cita sambil berjalan secara teratur membentuk lingkaran. Tarian caci merupakan sebuah kesenian yang mampu menunjukan nilai-nilai budi pekerti bagi masyarakat Manggarai dan mereka yang menyaksikannya.

Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho bersama salah seorang pemain caci. (Foto: dok. Fortuna Press)

Dalam kunjungan kerja kerja untuk memantau geliat pembangunan daerah di Kabupaten Lembata dan seluruh kabupaten di pulau Flores, Gubernur Viktor juga menyempatkan diri untuk mengunjungi masyarakat dan bermain caci bersama di Kampung Mukun, Kecamatan Kotakomba Utara Kabupaten Manggarai Timur. Dalam permainan tarian caci tersebut yang bertindak sebagai tuan rumah Kecamatan Kota Komba Utara.

Sedangkan ‘meka landang’ (tamu undangan) dari Kecamatan Borong.
Menariknya, atraksi caci tersebut di gelar sebuah lembah “Mukun” yang sangat indah dan eksotik. Kawasan nan sejuk itu dikeliling pegunungan yang dipenuhi aneka tanaman perdagangan dan terdapat bentangan puluhan hektar sawah dikaki gunung yang sangat mempesona.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur NTT Viktor Bungktilu Laiskodat (VBL) sempat memberikan pecutannya ke tubuh seorang penari caci, dan bergembira bersama.
Tokoh masyarakat, Geradus Radu dalam kata pembukaan mengatakan tarian caci yang dipentaskan sengaja dirancang agar budaya tarian caci asal Flores, Manggarai bisa disaksikan langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dan rombongan.

“Kami sengaja membuat pementasan budaya caci agar bapa Gubernur bisa menikmati dan melihat secara langsung budaya ini. Sebab, tarian caci bisa menjadi magnet wisata dari sisi budaya,” ungkapnya.

Geradus menyebut tarian caci sudah memekat dengan budaya orang Manggarai yang kini terus dilestarikan nilai budayanya dengan baik dari generasi ke generasi.
Di samping mengapresiasi penyelenggaraan acara itu, Geradus, berharap agar lebih banyak generasi muda Manggarai yang terlibat dalam permainan caci ini. Dia juga menyampaikan terima kasih karena Gubernur NTT melihat langsung kondisi masyarakat di Mukun, harapan apa yang dilihat langsung bisa melakukan sesuatu agar Mukun semakin lebih baik.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Laiskodat mengatakan kehadirannya di Mukun untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat juga memantau pengerjaan ruas jalan Provinsi ditempat itu. “Pemerintah pasti terus melakukan pembangunan sehingga akses jalan menjadi lancar dan ada peningkatan ekonomi baru,” ujar Viktor sembari berterimakasih atas penyambutan hangat pemerintah daerah dan masyarakat selama dua hari mengunjungi Kabupaten Manggarai Timur.

Untuk diketahui, Gubernur Viktor memulai kunjungannya ke Kabupaten Manggarai Timur, Sabtu (16/4/2022), dengan mendatangi petani penyuling Tuak Kobok di Waerena, menyekar ke kubur Almarhum Stefanus Jaghur Wakil Bupati Manggarai Timur, selanjutnya melakukan panen jagung seluas satu hektar lebih dan bertemu dengan ribuan warga di halaman kantor Desa Compang Ndejing, Kecamatan Borong.

Dihadapan warga, Gubernur Viktor dan Bupati Manggarai juga meninjau dan berbelanja aneka produk UMKM olahan warga dampingan Bank NTT selanjutnya menuju Kampung Mukun pada petang harinya dan bermalam bersama warga disana.

Gubernur Viktor dan rombongan mengikuti Misa Paskah di Gereja Paroki St.Pius X Mukun, melakukan tatap muka dengan ribuan umat Katolik didalam gedung gereja kemudian menikmati atraksi tarian caci lalu meninggalkan lokasi itu pada sore hari menuju Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai. (*/BN/FTN)

Related posts